M-shape bukan ‘Pekeh’ 

M-shape bukan ‘Pekeh’
Parents milenial sering nggak sih lagi nyaman-nyamannya gendong pake SSC atau strechy wrap terus tiba-tiba dijalan dikomentarin orang “eh umur berapa bayinya, masih kecil kok udah dipekeh”? Kalo di group menggendong yang saya ikutin sih sering bangeeettt pada curhat kaya gitu. Kebetulan beberapa waktu belakangan ini saya pun mulai mengalami nya sendiri.
Dulu, saat pertama gendong m-shape dirumah ortu dan mertua juga sempat komentar tapi saya dan suami jelaskan apa yang kami tau berbekal ilmu babywearing basic yang kami peroleh. Alhamdulillah mereka perlahan bisa menerima dan nggak kebanyakan komentar. Yang seringkali ngeselin tuh malah orang lain yang cuma ketemu dijalan atau cuma sekedar ketemu di acara tertentu doang, nggak tau ilmunya tapi ikut komentar. Mereka masih belum tau ilmu pergendongan? Baiklah, kebanyakan mereka ketika setelah komentar terus dijelasin tetep aja ngeyel dan denial terhadap kemajuan peradaban. Kebanyakan masih tetap enggan bergerak dari zona nyaman dan memilih tutup mata akan hal yang baru.
Padahal sebetulnya gendong posisi m-shape ini banyak lho manfaatnya dibandingkan gendong dengan posisi half craddle (tidur), penjelasan lengkapnya ada pada link artikel yang saya lampirkan. Nah hal itu yang membuat saya tergerak untuk menulis, meskipun sebetulnya di jagad maya ini udah banyak banget yang bahas tentang m-shape.
M-shape merupakan posisi menggendong bayi  dengan upright / tegak, posisi kaki bayi dalam gendongan membentuk huruf M. Bagian bawah gendongan menyokong seluruh paha bawah, bokong, hingga di bawah lutut bayi (knee to knee). Posisi lutut bayi sedikit lebih tinggi dari bokong nya. Posisi ini ideal sejak usia 0 bulan hingga anak tidak ingin digendong. Posisi ini merupakan posisi paling nyaman dan mendukung pertumbuhan tulang pinggul bayi. Mengapa demikian? Karena posisi m-shape sesuai dengan posisi bayi saat masih berada dalam kandungan.
Apa bedanya dengan ‘pekeh’? Pekeh itu gendong dengan posisi ngangkang, kaki anak menggantung kebawah dan seringnya dilakukan dibagian samping tubuh penggendong. Meskipun secara medis belum ada penelitian yang relevan terhadap korelasi gendong pekeh terhadap penyebab kelainan bentuk kaki pada bayi, memang baiknya gendong pekeh ini dihindari meskipun usianya sudah dianggap cukup. Karena alasan kenyamanan dan safety (gampang mrucut kalo orang jawa bilang dan bikin pegel penggendong).
Berikut saya lampirkan link video sederhana bedanya m-shape dan pekeh: Perbedaan Menggendong Pekeh/Hipcarry dengan M-shape/Katak – YouTube

Silahkan disimak dengan seksama ya, ada juga beberapa artikel terkait yang penjelasan nya rinci dan jelas terkait menggendong m-shape:

Update Ilmu Gendong-menggendong Bersama IBW | Leila’s Blog

Update Ilmu Gendong-menggendong Bersama IBW
Menggendong Anak: Antara Mitos dan Fakta – AnggyA

http://www.anggya.com/menggendong-anak-antara-mitos-dan-fakta/
Silahkan dibaca-baca artikel nya, lumayan buat cemilan berkualitas. Bagi yang belum puas, bisa japri saya nanti tak kirimin handout babywearing basic dari group babywearers atau silahkan beli buku “Gendong yuk Gendong”. Bagus lagi kalo sekalian join babywearers community di kota masing-masing biar lebih paham dan jelas, karena update ilmu itu perlu. Menggendong terlihat sepele kan, tapi menggendong pun ada ilmunya. Apapun jenis gendongan nya, pastikan memenuhi unsur TICKS (ketat, terlihat, dagu bayi tidak menempel dada, mudah dicium, menyangga tulang bayi dengan sempurna) nya ya. Yuk mari semangat memberdayakan diri, demi kemajuan generasi. Semangat bu ibu pak bapak, salam ortu cerdas anak berkualitas 😉

Ini koleksi gendongan ergonomis punya penulis ❤️

Advertisements

Author: Lovelylovediary

Seorang wanita biasa pelaku nikah muda terencana, yang ingin berbagi kehidupan melalui untaian kata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s